Wujudkan Pemilu Aman, RTIK Jalin Sinergi dengan Kepolisian


Sekretaris Jendral Relawan TIK Indonesia, M. Said Hasibuan berharap agar Relawan TIK diberbagai daerah dapat lebih giat lagi dalam membantu kepolisian daerah masing-masing terkait penggunaan media sosial. Terlebih, memasuki tahun pemilu, kabar bohong atau hoax menjadi salah satu penyebab konflik di masyarakat.
“Kita ingin semua RTIK merapat ke Polres maupun Polda untuk membantu mereka dalam edukasi kepada masyarakat terkait penggunaan media sosial. Apalagi menjelang tahun pemilu ini diharapkan RTIK dapat berperan lebih giat lagi untuk mengamankan isu-isu hoaks demi terciptanya pemilu yang aman dan nyaman.” Ungkap Said.
Sejalan dengan harapan tersebut, Ketua RTIK Pasuruan, Bahrudin menggelar kunjungan ke Polres Pasuruan, Jawa Timur. Disambut hangat secara langsung oleh Kapolres Pasuruan AKBP. Rizal Martomo., S.I.K., M.H. di ruang kerjanya, Rabu (13/2) Kapolres yang didampingi Bidang Humas dan Binmas Polres Pasuruan mengapresiasi RTIK Pasuruan.
Rizal Martomo menanggapi baik kegiatan Relawan TIK Pasuruan melalui portofolio yang ditampilkan dalam pertemuan tersebut. RTIK Pasuruan selama ini telah melaksanakan berbagai kegiatan literasi digital sebagai wujud ikut serta dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya cerdas dan bijak dalam menyikapi berita yang beredar di internet khususnya di media sosial.
“Kami siap bersinergi dengan Relawan TIK Pasuruan. Nanti juga langsung berkomunikasi kepada Humas dan Binmas perihal sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat. Memang berita saat ini sudah sangat carut marut sehingga kami juga butuh masukan dan kerjasama dengan seluruh komunitas termasuk dengan Relawan TIK Pasuruan.” Tutur Kapolres Pasuruan.
Dalam pertemuan tersebut, Relawan TIK Pasuruan yang diwakili Bahruddin (Ketua) dan Abd. Hamid (Humas) menyodorkan portofolio kegiatan yang selama ini sudah dilaksanakan. Portofolio tersebut berisi tentang kegiatan Sosialisasi Internet Sehat dalam mengkampanyekan stop berita hoax dan ujaran kebencian.
Dalam kesempatan ini juga, Bahruddin berharap pertemuan ini merupakan awal sinergi Relawan TIK Pasuruan dengan Polres Pasuruan untuk ikut serta dalam membangun masyarakat informatif di Pasuruan yang terbebas dari berita hoax dan ujaran kebencian. (saiful/fin)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jelang Penentuan Tuan Rumah Festik 2019, Ini Kandidat dan Tahapannya